Cara Mudah Dapat Uang di Internet Lewat Blog, Twitter, Facebook
» » Sejarah dari Twitter

Sejarah dari Twitter


Sejarah dari Twitter

Sejarah Twitter tak ada bedanya dengan sejarah start up (perusahaan teknologi) yang lain. Jejaring sosial ini dikembangkan oleh anak-anak muda. Mereka kreatif dan inovatif serta berdedikasi tinggi ditambah dengan bumbu keisengan dan kesenangan.



Jika di Facebook ada nama-nama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Chris Hughes, dan Dustin Moskovtz, maka di Twitter ada Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, serta Biz Stone. Twitter secara resmi ‘mengudara’ pada tanggal 15 Juli 2006. Mulanya hanya memiliki empat awak, kini Twitter telah bertanggung jawab atas 900 lebih pekerja dan 140 juta pengguna di seluruh dunia.



Jika berbicara tentang sejarah Twitter maka pasti akan menyinggung soal SMS. Twitter sering disebut dengan SMS-nya internet. Jack Dorsey sendiri mengaku jika ide awal pembuatan Twitter memang diilhami oleh SMS. Fitur komunikasi konvensional unggulan ponsel ini hanya memiliki 160 karakter. Twitter memiliki jumlah karakter yang lebih singkat yakni 140 karakter saja.



Jack Dorsey dalam sebuah diskusi mini memperkenalkan ide kreatifnya menggunakan Twitter untuk berkomunikasi laiknya SMS di sebuah grup kecil. Diskusi tersebut dilakukan pada tanggal 15 Juli 2006 dan dijadikan hari ulang tahun Twitter. Sedangkan Twitter sendiri secara resmi menjadi sebuah perusahaan pada bulan April 2007.




Perbandingan Sejarah Twitter dan Facebook

Terdapat perbedaan antara sejarah Twitter dan Facebook. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah dari segi pendanaan. Sumber pendapatan utama Facebook adalah melalui iklan. Iklan ini akan dijumpai di laman sebelah kanan (sidebar) dari fitur wall di laman Facebook.



Di awal berdirinya Facebook sendiri, situs ini terseok-seok dalam mencari investor. Eduardo Saverin, salah satu pendiri dan mantan CFO (Chief Financial Officer) Facebook kala itu harus ‘berkelana’ dan bolak-balik New York – Palo Alto (California) demi mencari investor.



Pemasukan dari iklan pun sejatinya ditentang oleh Mark Zuckerberg dan Sean Parker. Sebelum akhirnya Facebook memperoleh investasi USD 500 ribu dari Peter Tiel (PayPal), akhirnya situs ini menanyangkan iklan demi kelangsungan perusahaan.



Di Twitter, menengok dari sejarahnya khususnya iklan, mulai efektif diterapkan di media 2010-2011. Dalam penayangan iklannya pun Twitter sangat terbatas. Kala itu Twitter hanya menampilkan iklan berupa kontekstual teks yang berwujud dalam promoted tweet dan promoted account.



Kabarnya untuk sebuah promoted tweet, setiap tweet yang ditampilkan atau dipromosikan, Twitter membanderol hingga USD 100 ribu. Sedangkan untuk pendanaan tatkala perusahaan ini berdiri, Twitter memperoleh dana melalui usaha kapitalis dengan jumlah yang tidak diungkapkan.



Pada tahun 2011 silam pangeran Arab Saudi Awaleed Bin Talal meginvestasikan dana di Twitter sebesar USD 300 juta. Pada tahun 2013 nanti Twitter akan menyusul Facebook dalam melantai bursa untuk terjun ke IPO.




Sejarah Twitter dan Fiturnya

Twitter terus mengalami perkembangan fitur dan produknya dari masa ke masa. Di awal sejarahnya, situs ini sangat sederhana. Twitter hanya hadir di perangkat desktop, tanpa aplikasi mobile, dan tanpa situs mobile. Twitter pun tak memiliki tool tambahan seperti pemendek tautan, hosting gambar, serta fitur social plugin.
Kini Twitter telah dilengkapi dengan manunisi tersebut. Twitter social plugin diwakili dengan tweet button, Twitter widget, dan follow button. Untuk tool pengunggah gambar, Twitter telah bekerjasama dengan Photobucket dengan Pic.Twitter.com.



Dulu untuk mengunggah foto Twitter hanya mengandalkan tool pihak ketiga. Sebut saja TwitPic, Yfrog, TwiGoo, dan Lokerz. Tool pemendek tautan Twitter diwakili oleh T.co. Dengan pemendek tautan ini maka semua tautan yang dibagikan ke Twitter akan diperpendek secara otomatis. Twitter sebelumnya mengandalkan tool dari Bit.ly.



Di ranah aplikasi, Twitter telah menyiapkan serangkaian aplikasi untuk segala platform dan sistem operasi mobile. Mulai dari telepon pintar hingga telepon ‘kurang pintar’. Bagi pengguna Blackberry Twitter menyediakan aplikasi resmi yang bernama Twitter for Blackberry. Bagi pengguna Android dan iOS, Twitter telah menyiapkan Twitter for Android dan Twitter for iPhone/iPad.



Bagi pengguna telepon ‘kurang pintar’ atau di ranah low end, Twitter telah menyiapkan Mobile Twitter Client di Mobile.Twitter.com. Dengan Mobile Twitter Client pengguna ponsel kelas menengah ke bawah bisa bermain Twitter langsung dari situs mobile Twitter.


Tak hanya memanjakan pengguna di device mobile, Twitter juga mempersiapkan aplikasi khusus bagi users di sebuah aplikasi desktop. Twitter telah mengakuisisi TweetDeck, aplikasi desktop Twitter pada tahun 2010 silam.



Dengan akuisisi ini maka pengguna Twitter yang sering bermain Twitter di desktop (website) bisa mengaksesnya melalui aplikasi desktop TweetDeck. Twitter juga memersilahkan situs lain dalam memanfaatkan fitur social login mereka. Dengan proses otentifikasi (outh), segala proses registasi dan login di akun apapun di internet bisa dilakukan dengan menggunakan akun Twitter.


Sejarah Twitter dan Media Sosial

Twitter adalah bagian dari media sosial di ranah microblogging. Disebut microblogging sebab Twitter sejatinya adalah sebuah platform blog namun memiliki konten yang sangat mini. Konten yang diposting melalui Twitter sangat singkat. Hanya 140 karakter saja. Ini berarti hanya 20 karakter lebih singkat daripada SMS.



Meski memiliki konten yang sangat mini, Twitter bisa mengalirkan konten yang tidak terpusat pada konten teks saja. Video dan gambar bisa dibagikan melalui Twitter dengan penyematan sebuah tautan. Tautan tersebut adalah sebuah link yang akan membawa users ke laman gambar serta video yang dituju. Twitter dalam menyematkan tautan tersebut kini telah memiliki tool pemendek tautan sendiri yang bernama T.co.


Sebagai bagian dari media sosial, Twitter berperan besar dalam beberapa peristiwa penting bagi sejarah dunia. Di Facebook kita pernah mendengar kasus Cicak Buaya KPK (Chandra dan Bibit) serta kasus koin Prita Mulyasari. Di Twitter untuk skala nasional kasus-kasus sejenis belum pernah dimediasi dan terekspos.


>Namun di mancanegara Twitter memiliki andil yang besar. Sebut saja saat kasus pergolakan di Mesir, Tunisia, dan kerusuhan London (Inggris). Beberapa peristiwa ini menggunakan Twitter sebagai media komunikasi serta alat dalam mengkoordinir dan memobilisasi massa. Saking khawatirnya dengan efek yang ditimbulkan, China hingga saat ini masih memblokir akses Twitter dan Facebook bagi rakyatnya.


>Selain itu Twitter telah memberikan gaya baru dalam metode berpromosi. Dulu di dunia marketing terkenal adanya konsep mulut ke mulut. Kini mulut tersebut telah berganti dengan tweet. Marketing menggunakan media sosial khususnya Twitter adalah pola marketing baru yang kini gencar dilakukan oleh marketer.


Mereka rela membayar dengan harga lebih bagi influencer yang memiliki pengaruh dan engagement tinggi di Twitter. Bukti nyata dari pola marketing via Twitter, kini tak hanya user biasa yang memiliki akun Twitter. Brand pun sekarang memanfaatkan Twitter sebagai media komunikasi dengan konsumen. Seolah-olah akun brand di Twitter berposisi sebagai costumer service.




Sejarah Twitter yang Mempengaruhi Sejarah

Pada tanggal 30 April 2009, Twitter meluncurkan fitur baru yang bernama trending topic. Fitur ini akan merangkum segala topik yang paling hangat diperbincangkan di lini masa (timeline). Kini fitur trending topic menjadi amunisi andalan Twitter untuk mengabarkan sesuatu kepada dunia.



Salah satu contoh nyata adalah ketika kematian Osama Bin Laden. Tatkala pemimpin gembong teroris Afganistan yang dituding sebagai otak terorisme itu tanggal  9/11 ditembak mati, media cetak, elektronik, dan online kalah cepat dengan Twitter. Salah satu user Twitter di Pakistan mengabarkannya kepada dunia melalui sebuah tweet yang ia tuliskan.



Sontak dari sebuah tweet ini kemudian menyebar di lini masa dan dibagikan (retweet) serta dibagikan kembali sehingga menjadi topik viral yang masif serta diperbincangkan di seluruh dunia. Topik kematian Osama Bin Laden kala itu menjadi trending topik di Twitter hingga beberapa hari. Masyarakat dunia kala itu mengetahui kematian Osama Bin Laden justru melalui Twitter dan bukan dari media. Kini trending topic masih dijadikan fitur andalan untuk mengabarkan sesuatu ke dunia.



Di dalam negeri peristiwa serupa pernah terjadi. Ketika salah satu menteri negeri ini ngamuk di jalan tol, topik tersebut hangat diperbincangkan di linimasa dan akhirnya menjadi trending topic dunia. Imbasnya, masyarakat dunia pun tahu dan mengerti jika bangsa ini memiliki sistem yang bobrok terkait dengan birokrasi tol. Twitter memiliki peran penting dalam pergolakan dunia. Fitur trending topic adalah salah satu bukti peranan tersebut dari salah satu sejarah Twitter.



Denikianlah artikel tentang sejarah Twitter yang kemudian berdampak juga pada sejarah dunia. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan  pembaca tentang sejarah hal-hal yang ada di dunia terutama sejarah Twitter.

Odii Siitohang
Judul: Sejarah dari Twitter;
Ditulis oleh: Anonymous;
Rating Blog: 5 dari 5





Anda sedang membaca Artikel tentang Sejarah dari Twitter dengan url http://d-copy.blogspot.com/2012/07/sejarah-dari-twitter.html, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
D-Copy Reader DMCA
[0] Komentar untuk Sejarah dari Twitter:

Post a Comment

Beberapa panduan dalam berkomentar :
Untuk menyisipkan kode[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote[blockquote]QUOTE ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar[img]URL Gambar[/img]
Untuk menyisipkan video[youtube]URL Video[/youtube]
Anda bisa mengekspresikan komentar Anda dengan emoticon
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

 
D-Copy Blog © 2013 - All Rights Reserved Design : Creating Website Published : Mas Template